Monday 9 January 2012

Twister, permainan yang cocok untuk melatih keseimbangan

Twister adalah sebuah permainan yang mengandalkan skill keluwesan tubuh anda. Twister dapat dimainkan oleh dua orang atau lebih. Semakin ramai yang memainkan, maka akan semakin menyulitkan permainan ini namun semakin lucu dan seru tentunya. Permainan ini menggunakan sebuah alas/karpet yang cukup lebar yang direntangkan di atas lantai dan memiliki sejumlah lingkaran bewarna. Warnanya terdiri atas warna merah, kuning, hijau, dan biru. Tiap lingkaran dengan warna yang sama disusun pada baris yang sama. Selain itu, terdapat juga sebuah spinner seperti gambar di bawah yang digunakan untuk menunjukkan dimanakah player harus meletakkan tangan atau kakinya. Spinner ini dibagi menjadi empat bagian, yaitu left foot, right foot, left hand, dan right hand. Tiap bagian ini, memiliki keempat warna tadi.

Cara memainkan permainan ini adalah dengan memutar spinner sehingga menghasilkan kombinasi, misalnya right foot red. Maka, pemain yang memutar pada saat itu harus meletakkan kaki kanannya di lingkaran merah pada karpet tadi. Berikutnya dilanjutkan oleh pemain lainnya. Tidak ada lebih dari satu tangan ataupun kaki yang berada pada lingkaran yang sama. Pemain dinyatakan kalah apabila terjatuh atau menyentuhkan siku atau lutut ke karpet.


Twister  merupakan permainan yang baik untuk melatih keseimbangan, koordinasi, dan juda identifikasi warna untuk anak kecil. Permainan ini menuntut kemampuan pemain untuk memutarkan atau menekuk tubuhnya agar tetap bertahan di atas karpet ini dan jangan sampai menjatuhkan lutut ataupun siku. Selain itu, canda tawa juga akan tercipta apabila kita melihat lawan mendapatkan posisi yang susah atau aneh. Selamat mencoba :)

No comments:

Post a Comment